Pengertian
Layanan Telematika adalah layanan dial up ke internet maupun semua jenis
jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data.
Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Layanan-layanan
telemetika tersebut dibagi dalam berbagai macam layanan yaitu sebagai berikut
ini:
1. Layanan
Telematika Bidang Informasi :
Penggunaan telematika
dan aliran informasi harus berjalan seimbang dan penggunaannya harus ditujukan
untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan
dan kesenjangan serta meningkatkan kaulitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui
internet dan telepon. Ada baiknya bila fasilitas public untuk mendapatkan
informasi terus dikembangkan seperti warnet dan wartel. Warnet dan wartel ini
secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik
di daerah kota maupun desa bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di
tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu, langkah-langkah lebih
lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan
public, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan
sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan serta menyediakan
layanan “E-Commerce” bagi usaha kecil dan menengah sangat diperlukan. Dengan
demikian akan terbentuk balai-balai informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi
yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
Contoh dari layanan telematika di bidang
informasi :
·
Laporan Cuaca (Weather) layanan yang
memberikan laporan tentang informasi cuaca.
·
Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock
Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan
bursa kepada publik.
Keuntungan:
Pemerataan teknologi bagi masyarakat
menengah ke bawah dan mempermudah masyarakat di pedesaan atau pelosok untuk
menggunakan teknologi sesuai perkembangan zaman. Sebagai alat penunjang
pembelajaran di sekolah agar dapat memberikan wawasan yang lebih luas.
Kerugian:
Bagi pengguna layanan teknologi untuk
mengakses informasi tidak digunakan dengan bijak atau sewenang-wenang tanpa
pengawasan dapat berakibat buruk bagi pembentukan karakter dan moral karena
lewat layanan telematika di bidang informasi kejahatan dapat dilakukan dengan
mudah. Seperti pencurian data, mengakses situs untuk dewasa dan lain-lain.
2.
Layanan Telematika Bidang Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data.
Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control
dan audit. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau
dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak
sesuai dengan fungsinya, dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk
menjaga suatu data dalam jaringan agar tidak mudah terhapus atau hilang.
Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan
kejahatan.
Contoh
layanan keamanan, yaitu:
·
Navigation assistant
·
Weather stock information
·
Entertainment and M-Commerce, Penggunaan
firewall dan antivirus.
Keuntungan:
Layanan
telematika di bidang keamanan memiliki keuntungan yang sangat membantu dalam
bidang keamanan sistem informasi untuk mengurangi pencurian data, pengaksesan
sistem informasi secara illegal dan lain-lain.
Kerugian:
Keamanan
ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk
membobol suatu sistem keamanan.
3.
Layanan Telematika Context-Aware dan
Event – Base
Layanan
context aware dan event-based merupakan kemampuan layanan network untuk
mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari
pengguna dan penggunaan network itu serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
yaitu lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan
kemampuan terminal yang digunakan user. Tigal hal yang menjadi perhatian sistem
context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
·
The Acquisition of Context
Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan
bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh pemilihan konteks
lokasi dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu untuk melihat situasi
atau posisi suatu lokasi tersebut.
·
The Abstraction and Understanding of
Context
Pemahaman terhadap bagaimana cara
konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang
dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi dan
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
·
Application Behaviour Based on The
Recognized Context
Dua hal yang paling penting adalah bagaimana
pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks
yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan control penuh kepada
pengguna terhadap sistem.
Keuntungan:
Dengan
layanan ini pengguna dapat membuat sistem yang bersifat otomatis dengan
memasukkan parameter-parameter sebagai data user, preferensi user sebagai
kemampuan dalam memberikan keputusan yang cepat dan akurat.
Kerugian:
Adanya
masalah-masalah yang timbul karena parameter dan data yang tidak sesuai dengan
permasalahan yang ada.
Contoh
dari layanan telematika context aware & event based :
·
Location-based service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan
user sekarang berada.
4.
Layanan Perbaikan Sumber
Resource
Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi
layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber
yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan dan masyarakat
pada umumnya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika
ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM
telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan
akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu:
·
Di Lihat dari Bidang Ekonomi.
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa
peningkatan kapasitas industri produk barang dan jasa.
·
Di Lihat dari Bidang Politik. Bagaimana
telematika memberikan kontribusi pada pelayanan publik sehingga menghasilkan
dukungan politik.
1xbet korean
BalasHapus1xbet หาเงินออนไลน์ korean. Free Bet: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 카지노 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome Bonus: ₹6,000,000 Welcome 1xbet korean Bonus: ₹6,